oleh

Soal Hutang 59 M terhadap PT SMI, Bupati Kepahiang Beri Penjelasan

Serrejang – News, KEPAHIANG – Realisasi pekerjaan 3 paket proyek yaitu, peningkatan jalan eks KTNA-Barat Wetan, pembangunan jalan Desa Sosokan Cinta Mandi-Langgar Jaya-Damar Kencana dan pembangunan jalan Desa Renah Kurung-Batu Bandung-Bandung Jaya-Simpang Air Les Pemerintah Daerah Kabupaten  Kepahiang  berhutang Rp 59 Miliar kepada PT SMI. Hal ini di eratkan dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) di kantor PT SMI di jaan Sahid Sudirman Center Lantai 48 Jakarta Pusat.

Dalam Penjelasan Bupati  kepahiang melalui whatsApp , “Saya ilustrasikan. APBD Kabupaten Kepahiang sekitar 750.M. peruntukannya, : Belanja pegawai 46% , sektor pendidikan 20% (UU Sisdiknas), 10 % untuk sektor kesehatan, 19% untuk Alokasi dana desa (ADD). itu saja sudah 86% belum untuk alokasi kegiatan yang lain. Soal hutang, bisa saya ilustrasikan. Ibarat keluarga muda ingin punya rumah, kalo mau mengumpul uang  bertahun – tahun ketika terkumpul nilainya tidak mencukupi harga rumah. Jadi kita ambil utang misal melalui fasilitas KPR. Rumahnya bisa segera dibangun dan ditunggui ssmbil.mencicil….Itu filosofinya. Dibangun dulu  dinikmati dan pembayarannya dicicil.

Sementara  Desa Langgar Jaya, Damar Kencana, belum menikmati kemerdekaan  yang sudah 73 tahun. Ongkos angkut  kopi Rp. 1.500- 2.000, per Kg. dengan motor trail.yang rodanya diberi rantai. ini sudah bertahun – tahun. Sampai kawan – kawan dari Bank Dunia dan Tim SMI terheran – heran, karena  masih ada jalan seperti itu. Bahkan seketika Bank Dunia memberi hibah dana untuk membuat DED sebesar Rp. 1.2 M kepada Pemerintah kabupaten Kepahiang Perlu di ketahui 95 lebih sumber dana APBD kita berasal dari Pusat (DAU, DAK, DBH, hibah) dan hanya 3-5 % saja berasal dari PAD. Selain itu sesuai UU 23/2014 dan PP 18/2016 banyak urusan ditarik ke pemerintah pusat atau provinsi, misal di bidang kehutanan, ESDM, Perhubungan dll. Yang tersisa PBB perkotaan/pedesaan, Pajak pembangunan I, retribusi..yang  nilainya tidak terlalu besar. Di Kph tidak ada perusahaan besar, investasi di manufaktur juga tidak ada. Perusahaan PT. SMM Kabawetan kontribusinya sangat minim. Kita melalui proses  yang panjang ( lebih 2 th) sudah mendapat persetujuan oleh DPRD, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan dan Direksi PT. SMM.

Ditambahkan bupati kabuapten kepahiang, “PT. PLN ingin memasukkan aliran listrik ke Desa Langgar Jaya dan Damar Kencana, tapi tidak bisa membawa tiang listrik beton yang berat tersebut. Dengan terbangun jalan maka langsung akan dipasang ratusan tiang listrik beton kesana. Ini salah satu multiplier effects nya dan juga transportasi komoditi.perkebunan jadi lancar dan murah”. Ujar buapti Kepahiang dalam Pesan whatsAppnya.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed